COOKING METHOD MOIST HEAT

Cooking Method

Method of Cooking (metode memasak)

1. Cooking by Moist Heat
a. Boiling (merebus)
boiling atau merebus ialah memasak makanan didalam air mendidih yang jumlahnya (dalam volume) lebih banyak dari pada makanan yang dimasak sehingga makanan yang dimasak dapat terendam seluruhnya didalam airyang sedang dipergunakan memasak

b. Simmering
proses simmering hampir sama dengan proses boiling, yaitu merebus makanan dalam air yang jumlahnya ( dalam volume) lebih banyak daripada barang atau makanan yang sedang direbus.
perbedaanya hanyalah pada tingkat gerak gelembung air, pada proses simmering, gelembung air yang timbul dari dasar air bergerak keatas dengan perlahan dan memecah sebelum mencapai permukaan air.

c. Poaching
poaching mempunyai proses yang sama dengan simmering, yaitu merebus makanan dalam air yang jumlahnya lebih banyak (dalam volume) dari pada jumlah makanan. gelembung air juga tidak menggelegak tetapi bergerak perlahan-lahan (slow bibling) sehingga gelembung air tidak memecah dipermukaan air, tetapi di bawah permukaan air. temperature air berkisaran 90-95 derajat C.

d. Stewing
stewing berarti merebus makanan dalam air yang jumlahnya (dalam volume) hampir sama dengan jumlah barang yang direbus. cairan yang dipergunakan maksimum hampir menutup setengah dari barang atau makanan yang direbus. dengan menggunakan cairan kaldu atau saus.

e. Braising
braising berarti merebus makanan dalam cairan yang jumlahnya (dalam volume) lebih sedikit dari pada barang yang sedang direbus. cairan dimana makanan itu direbus mungkin menutupi hanya setengah dari makanan tersebut.
cairan yang digunakan berupa kaldu, saus, yang nantinya dihidangkan bersama makanan yang direbus.

f. Steaming
steaming atau mengukus ialah memasak makanan dengan mempergunakan uap air panas. uap air panas yang dipergunakan mungkin dengan tekanan biasa seperti timbulnya uap air pada waktu perebusan, tetapi mungkin juga mempunyai tekanan yang agak tinggi karena mempergunakan alat tertentu yang tertutup rapat. tekanan uap air panas akan bertambah tinggi bila terjadi ditempat yang tertutup rapat misalnya pada rice cooker.

g. Blanching
blanching berarti mencelupkan makanan kedalam air yang mendidih (atau juga minyak) beberapa saat, tidak sampai matang kemudian diangkat kembali

Komentar

Postingan Populer